Cara Partisi Drive di Windows 7

Artikel ini saya tulis karena pengalaman saya beberapa hari yang lalu, ketika saya mencoba mempartisi Drive / hardisk di windows 7 saya. Awalnya saya mengalami kesulitan karena ketika saya pakai Partition Magic bawaan NORTON maupun POWER QUEST, selalu muncul error yang menyatakan bahwa program tersebut tidak support.
Setelah googling sana sini, akhirnya saya menemukan software Partisi yg support dengan Windows 7. Namanya PARTITION WIZARD HOME EDITION v5.0. Untuk download sofware gratisnya, klik disini.

1. Pertama, unduh / download filenya di link yg saya tuliskan diatas.
Untuk installasi softwarenya sama saja dengan installasi software yang lain.. tinggal klik next – next sampai finish..
Tampilan awal Software ini adalah seperti ini :

2. Kemudian, Pilih Partisi / drive yg akan di rubah, di merge, di format atau di modifikasi.. untuk artikel ini, saya contohkan dengan membagi partisi / Drive D: (yang awalnya kompi saya cuma 2 partisi) agar bertambah menjadi 3 partisi yaitu C, D, dan E.

3. Pilih MOVE/RESIZE PARTITION di jendela sebelah kiri.
4. Kilk dan geser tanda panah yg sy lingkari garis merah untuk memperkecil / membesarkan ukuran partisi.

5. Setelah itu,klik OK dan akan muncul kotak peringatan seperti ini..

6. Klik YES untuk melanjutkan (jika khawatir data anda yg di partisi tersebut, jangan lupa di backup dulu ya… :P)
7. Klik APPLY di pojok kiri bawah untuk mengaktifkan.
8. Tunggu Proses selesai, sampai mucul pesan bahwa proses SUCCESFUL.
9. Di Bagian Bawah, di deretan nama Partisi Hardisk, dan bertambah 1 partisi yg bertuliskan UNALLOCATED, Klik di Partisi tersebut..

10. Kemudian di jendela sebelah kiri Klik CREATE PARTITION.

11. Di Partition Label ketik nama untuk partisi Hardisk baru anda.

12. Klik OK, kemudian Apply…
13. Setelah FINISH, restart komputer anda dan tunggu proses partisinya sampai muncul Windows seperti semula…
14. Lihat di partisi anda…

Semoga Berhasil…

7 thoughts on “Cara Partisi Drive di Windows 7

  1. linux@lombok says:

    dIVE C KLO DIPARTISI/DISUSUTKAN APA MASIH BISA OS NYA BERTAHAN?
    aPA BISA PARTISI fLASHDISK/eSKTERNAL HARDISK?
    tRIMS

    • jackysan says:

      1. tergantung ukuran spacenya, minimal 85% free baru bisa di susutkan…
      Tapi kalo mau coba untuk partisi drive c, jangan lupa backup data dulu atau buat system restorenya…
      2. External hardisk bisa dipartisi, sedangkan FD menurut sepengetahuan saya tidak bisa…

      Makasii brader… udah berkunjung….

  2. christin says:

    saya mau tanya harddisk saya 512 GB, hanya ada 1 drive yaitu drive C, bagaimana mempartisinya,,saya menggunakan windows 7.thanx

    • jackysan says:

      sama persis seperti yg saya ulas di atas…
      tinggal pilih DRIVE/PARTISI C: nya, kemudian klik kanan di Partisi tersebut-Move/Resize…
      Sebaiknya backup data anda dulu untuk menghindari kerusakan data..
      perhatikan juga ukuran dari partisi C yang anda bagi minimal 60% jika datanya banyak, jika Space Usednya cuma sampai 20 %, anda bisa mengubah ukuran partisi C sampai 75% nya..

      Selamat mencoba..
      makasii udah mampir…

  3. ahmad says:

    gan saya mau nanya nih… pembagian drive kurang optimal gmna ? misalnya. awalnya drive acer C 200 GB. trus di bagi jadi

    dua. drive acer C dan drive F.akhirnya masing masing drive kapasitasnya melebihi 200 GB. acer C 138G- drive F 143 G. jadi

    totalnya 281 G. gmana gan bahaya ga? terimakasih

Leave a Reply

