Koneksi Database Access yg di Password (VB)

Kadang kadang, untuk melindungi data dari tangan tangan jahat (halahhhh… kayak sinetron aja… hhehee…) kudu harus kita proteksi dengan memberikan password. Tujuannya agar data aman dan tidak membuat pusing…
Banyak cara koneksi yg bisa digunakan, ada ADODC, DAO, ADODB, visData Manager, kadang-kadang juga langsung setting properti tanpa menggunakan syntax program…
Saya pernah membaca artikel di blog teman, bahwa lebih aman dan terkendali jika koneksi melalui syntax program…
Okeeee…. kali ini saya coba membahas syntax program yg menggunakan ADODC…

1. Siapkan Database serta tabel2nya… ini khusus database yg menggunakan Microsoft Access ya..
Misalkan saja.. nama Database-nya coba.mdb
nama tabel tb_test dengan Field : NoUrut | SampleCode | SampleType | Info
Isi tabel tersebut dengan data sembarang untuk melihat hasilnya nanti…

2. Tutup Database anda, kemudian buka kembali melalui Menu File - Open

3. Setelah jendela OpenFile Muncul, Pilih databasenya,
eeiiiitt...... jangan keburu buru mengklik tombol Opennya.. tapi kliklah Panah Dropdown dikanan Tulisan "OPEN" nya... Cari Open Exclusive..
4. Akan muncul kotak pesan seperti gambar berikut, klik OPEN..

5. Masuk Ke Menu Tools - Security - Set Database Password
6. Masukkan password untuk database anda di kedua text box entry.. ingat !! samakan password textbox pertama dengan textbox kedua.
7. Coba Tutup Database anda, kemudian Coba buka seperti biasa. Akan muncul seperti gambar berikut.

8. Database anda terproteksi sekarang...
Download contoh Database-nya DISINI... ato disini

Lanjut…. Sekarang Ke Syntax VB nya….
1. Buat Project dan Formnya…
2. Tambahkan Component ADO Data Controlnya dengan cara klik Menu Project-Component, kemudian cari di Tab Control.

3. Tambahkan juga Component – Microsoft DataGrid Control 6.0. Klik Apply kemudian close Jendela Componentnya..
4. Masukkan kedua COmponent tadi ke Form dengan cara mengklik komponent2 tersebut di toolbox general, lalu klik tahan geser di Form…
5. Atur sesuai selera… Misalnya :

6. Copas (Copy Paste) syntax berikut di Form anda
‘——————————————————-
Dim DatabaseKu As Connection
Dim WithEvents rs As Recordset

Private Sub Form_Load()
Set DatabaseKu = Nothing
Set DatabaseKu = New Connection
DatabaseKu.CursorLocation = adUseClient
DatabaseKu.Open “PROVIDER=MSDataShape;Data PROVIDER= microsoft.jet.oledb.4.0;Data Source=” _
& App.Path & “\coba.mdb;Jet OLEDB:Database Password=jackysan; ”
Set rs = New Recordset
rs.Open “tb_test”, DatabaseKu, adOpenStatic, adLockOptimistic
Set Me.DataGrid1.DataSource = rs.DataSource
End Sub
‘——————————————————-
7. Lihat hasilnya :

berarti database anda sudah terkoneksi dengan baek di Form…

Selamat Mencoba…. Mohon kritik dan saran jika ada yg kurang berkenan…..
Silahkan download Projectnya DISINI…. ato disini

22 thoughts on “Koneksi Database Access yg di Password (VB)

  1. Chr says:

    Gan, mantap abis, thanks banget ya. Agan berjasa banget bagi ane. Lagi nyusun TA nih. Thanks abis! Keep Posting!

  2. peiska says:

    mas mau naya dong….kalo misalnya ada dua tabel: KHS dan KRS. dimana, KHS memiliki field: k.mata kuliah,mata kuliah, sks, semester.
    trus KRS memiliki field: K.mata kuliah, mata kuliah, semester, sks, NA, MH, Bobot, dan Keterangan.
    kalo kita mau menggabungkan tabel KHS dan KRS gmn yahh caranya?

    • Jackysan says:

      Maaf telat, blog ini jarang saya update..
      Jwb : Buatkan tabel baru yang menampung isi field masing – masing tabel tersebut. Sehingga nanti ketika menampilkan data, yg dipanggil adalah tabel baru tersebut. dan tabel KHS dan KRS hanya untuk menyimpan saja.

  3. wijaya kusuma says:

    gan di saya kok ga bisa ya? codingnya seperti ini kan?
    Dim DatabaseKu As Connection
    Dim WithEvents rs As Recordset

    Private Sub Form_Load()
    Set DatabaseKu = Nothing
    Set DatabaseKu = New Connection
    DatabaseKu.CursorLocation = adUseClient
    DatabaseKu.Open “PROVIDER=MSDataShape;Data PROVIDER= microsoft.jet.oledb.4.0;Data Source=App.Path &”\dbKPI.mdb;Jet OLEDB:Database Password=123;”
    Set rs = New Recordset
    rs.Open “tbSales”, DatabaseKu, adOpenStatic, adLockOptimistic
    Set Me.DataGrid1.DataSource = rs.DataSource
    End Sub

    pesannya yang muncul “Compile Error expected: end of statement vb6.

    masalahnya dimana ya gan?

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s