Facebook Manipulasi Jumlah Penggunanya?

Artikel ini di kutip dari http://www.inilah.com/news/read/teknologi/2010/06/11/593431/facebook-manipulasi-jumlah-penggunanya/

INILAH.COM, Jakarta- Surat kabar Norwegia melaporkan Facebook tidak akurat dalam menginformasikan jumlah usernya di Oslo pada pengiklan, yang menimbulkan pertanyaan apakah dapat dipercaya.

Norwegia merupakan negara dengan persentase pengguna internet sangat tinggi, namun jumlah 2,6 juta tampak berlebihan. Itu berarti setengah dari 5 juta pengguna internet negara itu memiliki akun Facebook.

Facebook mengungkapkan pada pihak pengiklan bahwa 1,6 juta pengguna situs tersebut berada di pusat kota Oslo. Masalahnya, Oslo hanya memiliki penduduk tidak lebih dari 600 ribu.

Juru bicara Facebook, Jan Fredriksson mengatakan pada Dagens Næringsliv bahwa Facebook menggunakan IP address untuk mengidentifikasi asal dari pengguna.

Mengingat Oslo cukup rumit dalam penggunaan internet, hal itu mungkin dapat menjelaskan kesalahpahaman itu. Namun, tampaknya itu tidak cukup.

Espen Grimmert, direktur pemasaran koran Norwegia, Afterposten menyebutkan bahwa pihak Facebook mengatakan pada mereka sekitar 850 ribu pengguna Facebook berumur 20 hingga 29 berada di Norwegia.

Ini tampak tidak benar, mengingat hanya 613 ribu penduduk berusia sekitar umur tersebut di negara itu.

Dikutip dari Pandia, Fredrikssons mengakui bahwa alat mereka untuk membantu pengiklan mendesain kampanye iklan dan ‘tidak selalu benar’.

Sebelumnya, Facebook mengklaim mereka telah memiliki lebih dari 400 juta pengguna di seluruh dunia.[ito]

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s